Jerman Lolos, Belanda Kritis

Belanda kini menjadi juru kunci di Grup B dan belum mengemas sebiji poin pun.

VIVAbola – Grup B yang disebut-sebut sebagai “pot neraka” Piala Eropa 2012 telah merampungkan laga kedua. Hasilnya cukup mengejutkan, Belanda yang digadang-gadang menjadi favorit di turnamen empat tahunan ini terancam gagal lolos dari grup.

Dari dua pertandingan yang dilakoni, Belanda belum mampu mencuri sebiji poin pun alias selalu kalah. Pertama, Der Oranje dibungkam Denmark lewat gol tunggal Michael Krohn-Dehli.

Lalu di pertandingan berikutnya, Belanda giliran dibungkam Jerman 2-1. Dua gol Mario Gomez yang bersarang telak di gawang Maarten Stakelenburg hanya mampu dibalas oleh sebiji gol Robin van Persie.

Secara matematis, tim Oranye memang masih punya asa untuk bisa lolos ke babak berikutnya. Tapi, tentu saja itu tidak akan mudah.

Kemenangan besar di laga terakhir menghadapi Portugal menjadi harga mati bagi Belanda. Namun, itu bukan rintangan satu-satunya. Meskipun nanti mampu memberangus Cristiano Ronaldo Cs, Belanda juga masih berharap Jerman menumbangkan Denmark di pertandingan lain.

Bert van Marwijk selaku pelatih Belanda paham benar nasib timnya kini berada di ujung tanduk. Namun, dia mengaku tidak mau menyerah begitu saja.

“Masih ada peluang dan kami harus yakin bisa melakukannya. Itu yang selalu saya katakan kepada pemain di ruang ganti,” seru Marwijk usai pertandingan melawan Jerman.

Hal senada juga diungkapkan oleh gelandang Rafael van der Vaart. Menurutnya, hal yang perlu dilakukan oleh para pemain Belanda untuk saat ini adalah menatap peluang kecil yang ada dengan penuh keyakinan.

“Hal sederhana yang harus dilakukan sekarang adalah tetap meyakini peluang yang ada,” seru pemain Tottenham Hotspur tersebut.

Harus Lewati Portugal

Portugal, calon lawan Belanda di partai terakhir sudah pasti tidak akan menyerah begitu saja. Apalagi, tim besutan Paolo Bento ini juga mengusung misi meraih tiga poin pada pertandingan nanti demi menjaga atau malah memastikan langkah ke perempatfinal.

Saat ini, Portugal berada di urutan ketiga klasemen Grup B, mereka mengantongi poin dan jumlah gol sama seperti Denmark yang berada satu tingkat di atasnya. Jika gagal meraih hasil maksimal saat menghadapi Belanda, maka praktis Seleccao das Quinas terancam angkat koper dari perhelatan ini.

Tentu, mereka tidak ingin hal buruk tersebut jadi kenyataan. Portugal yang mental bertandingnya sedang melambung usai kemenangan 3-2 atas Denmark bakal berjuang hingga titik penghabisan saat bertemu Belanda nanti.

“Setelah Denmark, kami menginginkannya lebih. Kami ingin coba merebut kemenangan saat melawan Belanda. Itu agar bisa lolos dari fase grup yang menjadi tujuan besar pertama kami, dan kemudian kami baru berpikir tentang hal lain,” kata gelandang Joao Moutinho.

Berharap Jerman

Tak bisa disangkal, Belanda sangat berharap pada kebaikan hati Jerman di pertandingan terakhir nanti. Walaupun menang besar atas Portugal, namun itu tidak akan ada artinya jika Der Panzer “enggan” menundukkan Denmark di partai lainnya.

Untuk lolos ke perempatfinal, Jerman memang hanya butuh hasil imbang. Atau jika Belanda mampu mengatasi Portugal, mereka juga tak masalah harus kalah dari Denmark.

Tapi, skenario itu tentu tak diharapkan Tim Negeri Kincir Angin. Belanda ingin Jerman menjadi “dewa penolong” mereka dengan tampil maksimal dan memetik kemenangan atas Denmark.

“Kita masih punya kans meskipun kalah 0-2. Saya percaya Jerman akan membantu,” harap Van der Vaart.

Namun, demi menghindari cedera atau sekedar memberikan waktu istirahat kepada para penggawa inti, ada kemungkinan pelatih Joachim Loew akan melakukan rotasi kepada pemain Jerman. Atau minimal Loew bakal menginstruksikan anak-anak asuhnya agar tidak bermain terlalu ngotot seperti di laga-laga sebelumnya.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s