Masyarakat Antre Demi Kartu Inafis

Selain identitas pribadi, kartu produksi Polri ini merekam catatan kriminal pemiliknya.

VIVAnews – Polisi memberikan syarat bagi warga yang akan membuat Surat Izin Mengemudi (SIM) baru dengan melengkapi kartu Indonesia Automatic Fingerprint Identification System (Inafis). Setelah resmi diluncurkan Mabes Polri, antusias warga mulai terlihat.

Menurut pantauan VIVAnews, para warga sudah antre di loket pendaftaran untuk membuat kartu Inafis di Polres Jakarta Selatan, Jumat 20 April 2012. Banyak warga yang sengaja membuat kartu Inafis sebagai kesadaran mereka untuk mendukung implementasi nomor identitas tunggal (single identity number).

Tidak sedikit juga anggota kepolisian yang ikut membuat kartu yang di dalamnya dibenamkan sebuah chip yang akan menampung semua data si pemegang. Bila persyaratan yang dibutuhkan untuk membuat kartu ini lengkap, tidak lebih dari 15 menit kartu sudah jadi.

Bukan hanya data singkat sebagaimana yang ada dalam Kartu Tanda Penduduk (KTP). Inafis akan menampung lebih lengkap data seperti nama Anda, tempat tanggal lahir, foto, juga ada sidik jari, nomor kendaraan, nomor BPKB, nomor sertifikat rumah, dan bahkan nomor rekening di bank. Semua akan tertampung di situ.

Kepala Pusat Inafis Bareskrim Polri, Brigadir Jenderal Bekti Suhartono, menjelaskan kartu pintar ini berguna untuk mendukung penyidikan polisi. Selain data pribadi, terdapat pula catatan kriminal yang pernah dilakukan pemiliknya.

Ada sembilan biometrik di tubuh manusia yang terdata dalam kartu ini. Di antaranya sidik jari, muka, hidung, telapak tangan, dan jejak kaki. Rekam sidik jari pada Inafis diklaim lebih lengkap dan tidak terbantahkan dibanding rekam sidik jari di e-KTP, karena alur sidik jarinya kurang lengkap.

Hanya dengan uang Rp35 ribu, warga bisa membuat kartu Inafis. Di Jakarta, sudah ada 18 titik, Sebanyak sembilan titik di Jakarta Selatan, ada enam titik di Jakarta Barat, dan tiga titik di Jakarta Pusat.

Pembuatan kartu Inafis sesuai dengan Peraturan Pemerintah nomor 50 Tahun 2010 tentang jenis dan tarif atas jenis penerimaan negara bukan pajak yang berlaku pada Kepolisian Negara Republik Indonesia.

“Setiap ingin mengambil SIM baru harus daftar Inafis dulu. Agar lebih mudah, tempat pembuatan Inafis didekatkan dengan loket pembuatan SIM,” ujar Bekti.

Lihat foto-fotonya di sini.

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s