Stadion Lebakbulus Pindah ke Pesanggrahan

Lokasi untuk pemindahan Stadion Lebakbulus akhirnya ditetapkan. Stadion yang selama ini menjadi markas klup sepakbola Persija tersebut, akan dipindah ke kawasan Pesanggrahan, Jakarta Selatan. Dengan dipindah ke kawasan tersebut, penggemar sepakbola bisa mengakses ke stadion, tidak hanya lewat jalan raya, karena di sekitar Pesanggrahan, PT Kereta Api Indonesia bakal merevitalisasi kereta Serpong-Tanahabang.

“Mengapa Pesanggrahan jadi pilihan, karena di masa depan kita tidak hanya mengandalkan akses jalan raya, tapi kita juga ingin agar lokasi tersebut bisa diakses oleh kereta api,” kata Fauzi Bowo, Gubernur DKI Jakarta, kemarin (16/1). Ia menambahkan nantinya diharapkan penonton mendapatkan kemudahan transportasi. “Kalau mau nonton bola tidak hanya bisa lewat jalan raya, tetapi juga bisa menggunakan kereta.

Siapa tahu Real Madrid akan main di situ. Lokasinya juga tidak jauh dari akses tol Bintaro,” ujar Foke, sapaan akrab Fauzi Bowo. Kepala Dinas Olahraga dan Pemuda (Disorda) DKI Jakarta, Ratiyono, menjelaskan lahan pengganti Stadion Lebakbulus yang disiapkan seluas 4,5 hektar. Diperkirakan, pembangunan fisik akan dimulai pada tahun 2013. “Saat ini masih dalam proses pembayaran lahan,” kata Ratiyono.

Untuk pembangunan stadion pengganti, disiapkan anggaran tahun berjalan sebesar Rp 580 miliar. Namun, hingga saat ini, proses pembayaran lahan belum seluruhnya selesai. Setelah selesai pembayaran akan dilanjutkan lelang desain stadion pengganti tersebut. Seperti diketahui, bangunan Stadion Lebakbulus saat ini rencananya akan digusur untuk perluasan pembangunan depo dan stasiun mass rapid transit (MRT). Dijadwalkan, tahun ini stadion Lebakbulus mulai dibongkar. (wok)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s